Jumat, 07 Oktober 2011

Organisasi Laba dibidang Jasa Pengiriman Barang (JNE)

Posted on 10/07/2011 12:17:00 PM by daniss

JNE
PENDAHULUAN
   Karena semakin mudahnya melakukan segala pekerjaan sekarang ini. Saat ini segala semua pekerjaan dapat dilakukan dengan instan, tak perlu lagi repot untuk melakukan sebuah pekerjaan. Dapat diambil contoh dalam hal pengiriman barang, mungkin dulu kalau ingin mengirim barang kita yang harus repot mengurus untuk keperluan ini itu. kita harus pergi ke tempat pengiriman barang yang dulu sangat jarang sekali ada, mungkin di tiap kota cuma ada beberapa saja. Tapi karena sekarang segala keperluan dapat dilakukan dengan secara instan, hal tersebut tidak lagi menjadi sulit.
   Sekarang ini juga sudah mulai banyak sekali bisnis-bisnis online, yang semua kegiatan jual beli tidak cara langsung, jadi karena kegiatan jual beli yang tidak dilakukan secara langsung akan mmbutuhkan jasa pengiriman barang, dan yang tidak mungkin apabila dari phak penjual dan pembeli berbeda pulau, dan tidak memungkinkan bagi penjual untuk mengantar barangnya sendiri ke beda pulau. Jadi digunakannya lah jasa pengiriman barang. Yang sekarang sudah mulai banyak dipergunakan masyarat indonesia, bahkan dunia.

TEORI
      Jasa pengiriman barang adalah suatu organisasi laba/perusahaan yang bergerak dibidang jasa dalam pengiriman barang. Akhir-akhir ini jasa pengiriman barang ini sangat diminati penggunanya, karena dapat dipercaya, dan sangat memuaskan. Kita tidak perlu lagi repot untuk mengirimkan barang, karena kita hanya perlu pergi ke tempat-tempat cabang dari jasa pengiriman barang itu. Hanya dengan memberikan alamat tujuan yang lengkap, hitung berat barang, dan hitung jarak dari kota awal ke kota tujuan, darisitu dapat dihitung total biaya yang diperlukan untuk pengiriman barang. Semua dilakukan hanya dengan waktu yang singkat. Bagi penerima, mereka hanya menunggu saja dirumah atau ditempat yang dituju, nanti barang akan langsung sampai ke tempat tujuan tanpa perlu lagi bagi penerima barang untuk mengambil ke kantor cabang pengiriman jasa. Kali ini saya akan membahas, menjelaskan dan menceritakan sejarah dari jasa pengiriman barang TiKi JNE atau yang sering disebut orang-orang JNE saja.

PEMBAHASAN
   JNE merupakan perusahaan dalam bidang jasa pengiriman barang atau kurir ekspres dan logistik yang bermakas di Jakarta, Indonesia. Nama resmi adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) tetapi namanya sudah terkenal dengan nama JNE. Nama itu berasal dari Bahasa Sanskerta yang berarti "Jalur Nugraha Ekakurir". Perusahaan ini salah satu perusahaan kurir yang terbesar di Indonesia.
      Pada tanggal 26 November 1990, H Soeprapto Suparno mendirikan perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Perusahaan ini mulai sebagai divisinya PT Citra Van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang internasional.


   Dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia.


 
   Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.


   Desas-desus yang beredar dari berbagai sumber di internet, menyebutkan antara TIKI dan TIKI JNE pada awalnya adalah perusahaan yang sama, namun karena ada sesuatu masalah akhirnya perusahaan ini menjadi terpecah menjadi dua. Selama setahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah diri sendiri. Karena ini dua-duanya perusahaan menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen diri sendiri. JNE menlancar logo sendiri dan membedakan dari TiKi. Tentu setelah pecah, akhirnya masing-masing menjalankan usaha yang sama, namun tentunya dengan servis yang berbeda pula.

Beberapa servis yang bisa anda temukan di TIKI JNE adalah sebagai berikut dibawah ini:

1. Jasa Kurir Dalam Negeri

A. YES (Yakin Esok Sampai) Service
   JNE memberi Garansi Uang Kembali jika kiriman anda tiba di penerima lebih dari 1 hari (Maximal Jam 00.00 Malam Keesokan harinya),JNE mengantarkan kiriman domestik Anda pada keesokan harinya atau paling lambat 48 jam. Service YES Melayani lebih 100 kota tujuan di Indonesia.

B. Regular Service
   Layanan ekspress regular untuk tujuan domestik, mengantar seluruh jenis kiriman anda ke seluruh wilayah di Indonesia dalam perhitungan waktu dengan harga pantas.

C. Cargo Service
   Dengan lebih dari 50 kantor cabang dan lebih dari 150 depot pengantaran di berbagai kota di Indonesia, JNE dapat melayani tepat dan cepat pengelolaan logistik dan pengantaran bagi banyak perusahaan terkemuka. Selain memiliki tim yang professional, JNE dapat melayani pelanggan dengan fleksibel sesuai kebutuhannya.


2. Jasa Kurir Luar Negeri / Internasional Express
   JNE memindahkan dokumen hingga paket besar ke berbagai tujuan di seluruh dunia dengan kecepatan dan kehandalan yang teruji.

   Selain itu, JNE juga melayani pengantaran khusus untuk kiriman peka waktu hingga tujuan akhir. Semua kiriman dimonitor setiap saat melalui program situs JNE oleh para tim JNE secara professional.



   JNE juga menyediakan rincian biaya atau pehitungan biaya dari kota satu ke kota lain dengan beratnya sekaligus, jadi kita tidak perlu lagi mengeceknya dengan susah-susah. Langsung saja masuk ke website JNE


referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/JNE
http://karodalnet.blogspot.com/2010/02/tiki-jne-indonesia.html

1 Response to "Organisasi Laba dibidang Jasa Pengiriman Barang (JNE)"

Leave A Reply